Profil Alumnus : Kisah Sukses Riza Hariadi dengan berbisnis “Burger Gosong Saus Jodoh”


Kesuksesan itu berawal dari kerja keras dan semangat yang pantang menyerah,mungkin itu semboyan yang pantas untuk memulai usaha dan mencapai sukses.
“Sekarang saya lagi buka namanya Burger Gosong saus Jodoh”. Kata Riza Hariadi cowok 28 tahun alumni AkparMajapahit yang akrab dipanggil dengan sebutan Riza.
Semenjak masa kuliahnya dulu,Riza memang sudah niat punya usaha sendiri,nggak kepikiran menjadi karyawan untuk kerja diHotel atau Resto.


Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
08883271088.  PIN BB: 3298F492.


“Pokoknya setelah lulus dari Akpar Majapahit,saya harus punya usaha sendiri”. Terbukti setelah Riza lulus yaitu pada tahun 2011,Riza merintis karier dengan tidak bekerja sebagai karyawan baik di Hotel maupun Restoran sebagaimana seperti jurusan yang dia ambil di Akpar Majapahit.
“Saya memutar otak,bukan bagaimana saya bisa ketrima di Hotel Berbintang,akan tetepi saya menerapkan ilmu yang saya dapat selama belajar di Akpar Majapahit dengan merintis usaha,apalagi selama kuliah memang di latih menjadi entrepreneur”
Tentu saja banyak lika liku yang dialami Riza dalam merintis usahanya, tak seperti yang Dia bayangkan,tak semudah membalikkan telapak tangan.


“Kendala saya awalnya pada Modal,saya ingat betul kata Pak Hedi (Dosen yang mengajar Matakuliah Enterpreuner  di Akpar Majapahit) selalu bilang bahwa Modal utama dalam berwirausaha bukanlah Uang,tapi Modal berani aja sudah cukup”
Akhirnya Riza dengan Bondo nekatnya supaya keinginannya punya usaha terlaksana,Riza pun menjual barang yang ada,dan masih terasa kurang,Riza juga meminjam uang di kerabat dekatnya,saudara,maupun sisa uang tabungan di bank,Dia gunakan sepenuhnya untuk modal.
“Karena di Lombok banyak saudara dan sekalian pengen cari suasana baru, jadi saya memutuskan pindah di Lombok”
“Motor saya yang terjual tadi,saya belikan motor bekas yang harganya agak murah disini,sisanya buat nambahin modal”


Pengorbanan Riza tak sampai disitu,beruntung untuk tempat tinggal Dia masih dikasih numpang,sehingga tidak begitu banyak pengeluaran Riza kala itu.
Disanalah Riza mulai berfikir keras,mau jualan,produk apa yang nantinya bakal laku disini ? pertanyaan demi pertanyaan masih melayang dipikirannya.  Hingga suatu ketika Riza pun melihat peluang bagus disana. Hal ini karena tempat tinggal Riza dekat dengan Pantai yaitu di Senggigi-Lombok.
            “Saya lihat,disini kok nggak ada yang jualan Hotdog, padahal banyak Bule. Yasudah, akhirnya saya berfikir dengan berjualan Hotdog disini dagangan saya bakal laris,karena pesaingnya tidak ada,akhirnya saya mencoba jualan Hotdog sekalian sama Burger”
Akhirnya Riza pun mendirikan outlet di dekat pantai dengan nama Brand “Surfing Duo Burger and 
 Hotdog”.

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
08883271088.  PIN BB: 3298F492.


Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
08883271088.  PIN BB: 3298F492.


nama itu sudah Riza pikir matang matang,karena letak outletnya yang tak jauh dari tempat peristirahatan para Bule setelah selesai Surfing. Beruntung juga,karena Riza tidak harus sewa tempat outletnya mahal mahal, tapi Dia hanya diberi kewajiban membayar listrik sama airnya saja.
Usaha Hotdog Riza mulai jalan dan berkembang,sampai akhirnya ada tawaran kepada Riza untuk buka cabang  di Mataram. Tawaran itu akhirnya membuat Riza tertarik karena bekerjasama dengan saudara yang akan membuka usaha juga. Tentu saja Riza berpikir panjang akan hal ini,selain melihat prospek kedepan usahanya kelak akan meluas karena tak lagi bermodal sedikit,Riza juga melihat target pasar yang bagus di lokasi yang akan Riza bangun di Mataram.

Akhirnya tercapailah keinginan Riza membuka cabang jualan Hotdog nya di Mataram, tentunya lebih gede dan menjanjikan. Karena modalnya pun tak tanggung tanggung.
sudah beberapa kali mengganti nama Brand dagangannya,upgrade produk,dan belajar terus membuat inovasi baru, karena memang sejak kuliah di Akpar Majapahit Riza terkenal Mahasiswa yang selalu ingin mencoba, Riza selama Kuliah juga menekuni di Food and Beverage product.
Sampai akhirnya dengan mencoba memberi varian pada produknya,Riza menghasilkan produk yang paling disukai pelanggan. Tak tanggung tanggung, Riza pun juga belajar Marketing.
Dari situlah Hotdog & Burger Riza mulai dikenal masyarakat luas,biar lebih gampang dikenal lagi, Riza mengganti nama Outlet nya menjadi “Mr. Unyu” : Burger Gosong Saus Jodoh. Unik bukan ?? Riza membuat nama unik ini,tidak ada filosofi tersendiri didalamnya,hanya haja menurut Riza,biar lebih dikenal dan unik didengar.


Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
08883271088.  PIN BB: 3298F492.


Bagi Riza kesuksesannya sekarang masih belum seberapa, Riza akan terus berinovasi untuk memajukan usahanya. Kesuksesan inilah Dia raih dengan jerih payah. Selain hobi nya memasak dan bereksperimen, Riza juga suka membaca buku aplikatif seperti Marketing dan bisnis. Sehingga Dia berkesimpulan bahwa  membuka bisnis kecil kecilan jauh lebih baik daripada bekerja menjadi karyawan, lebih kerennya lagi mungkin ada benarnya Kata Robert T Kiyosaki, yaitu istilah “Kuadran Kanan” /Mental Entrepreneur .
            “Saya sangat beruntung bisa belajar di Akademi Pariwisata Majapahit,karena Dosennya yang memang sudah pengalaman,hampir semua Mata kuliah yang diajarkan disana saya suka.”
Adapun faktor pendukung lainnya yaitu di Akademi Pariwisata Majapahit mempunyai fasilitas lengkap yang mampu mendukung kegiatan belajar Mahasiswa.
“Ditambah lagi suasana kuliah yang friendly dan lingkungan kampus yang super nyaman , bikin saya betah,dan ilmu yang bikin kita RUGI KALAU KETINGGALAN” . Sambungnya.
Riza yang sejak Kuliah memang menyukai Mata kuliah Culinary, Pastry dan Bakery, karena menurutnya itu ilmu yang sangat luar biasa,kalau saja satu hari ketinggalan kelas akan menjadi hal yang sangat disesalkan baginya.
            “Saya yakin teman teman yang belajar di Akpar Majapahit juga merasakan seperti itu,sangat banyak sekali pengetahuan dan ilmu yang kami dapat saat duduk dibangku Kuliah”
Riza yang merupakan Alumnus Akpar Majapahit tahun 2011 kemarin,tak lupa selalu memberi motivasi kepada adik tingkatnya,agar selalu belajar serius dan kalau bisa semuanya menjadi Entrepreneur. Karena sejak awal kuliah,Jiwa kita memang dicetak menjadi pengusaha. Terbukti hal ini bisa Riza raih dengan semangatnya dan juga karena bermodal bekal ilmu yang Dia dapat selama duduk dibangku Kuliah di Akpar Majapahit.
Ada hal yang tak terlupakan bagi Riza selama Dia masih berstatus Mahasiswa di Akpar Majapahit ini. Pasalnya pada tahun ke-3 Dia kuliah,kebetulan ada Matakuliah entrepreneur plus praktek langsung dilapakan (Simulasi Kerja Nyata). Pada saat itu Riza ingat betul keseruan yang terjadi pada saat bersama kelompok dikelasnya, mereka harus berjualan Sushi Rendang. Bahkan sempat ada kejadian konyol waktu itu Riza pernah diprotes tukang becak.
            “Saya ingat betul tuh,si Pak tukang becaknya bilang begini : Mas kalau sudah kaya dirumah aja, ngapain jualan disini,bikin warungnya nggak laku . Lucunya lagi Bapak itu ngomongnya makek bahasa jawa medhok, sambil nunjuk warung temannya”
Wajar saja kalau banyak kecemburuan sosial yang dialami oleh masyarakat sekitar yang berjualan disana, karena waktu itu Riza dan teman temannya berjualan menggunakan Mobil Kampus dengan berseragam Chef, jadi mereka mungkin merasa tersaingi. Kejadian itu nyata terjadi dilapangan,sehingga membuat Riza berfikir bahwa dalam membuka usaha dirinya harus pintar pintar bersosialisasi, menjaga hubungan positif dengan orang sekitar.
            “Belajar dari pengalaman,dan kenyataan dilapangan, hal ini butuh pengalaman dan insting, sejauh ini asam manis selama berwirausaha sudah saya rasakan, pahit manisnya dilapangan kami sudah tau” .
Beruntunglah buat yang memang senang belajar dan ingin maju, ibarat Mata Air, banyak orang yang cuma hanya ingin lihat saja, ada juga yang hanya ingin foto foto ada pula yang benar benar haus dengan Mata Air tersebut, Riza termasuk dalam orang yang haus dengan Mata Air tersebut, sehingga bagaimana pun caranya, Dia nggak mau tinggal diam,berusaha untuk mendapatkan dan meraih Mata Air tersebut.

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
08883271088.  PIN BB: 3298F492.
            “Balajar di Akpar Majapahit, kita jadi punya bekal, banyak sekali, namun setelah kita punya bekal itu, semua kembali tergantung pada kita masing masing, bekal itu mau diapakan. Di simpan saja,atau diledakkan didunia nyata, kalau saya pribadi ingin bebas MELEDAKKAN apa yang saya dapatkan, maka dari itu saya lebih memilih membuka usaha sendiri” sambung Riza dengan senyum khasnya.
-Jangan menganggap setiap kendala sebagai halangan, namun lihatlah sebagai peluang yang menantang-  You Will Be Entrepreneur 
 (/Nisa)







Komentar

  1. Saya pernah ke mataram, lombok, dalam rangka liburan 5 hari. Dan begitu nyoba, langsung ketagihan burger n hot dog nya. Saya ampe beli setiap hari. Menurut saya yg bikin enak itu rasa pantainya. Ada campura kelapa dan nanas yg nendang banget. Apalagi kalo makannya sambil duduk2 di tepi pantai. Sensasinya luarrrr biasa. Good job bro!

    BalasHapus

Posting Komentar